Dampak Negatif Dari Game Online

Dampak Negatif dari Game Online

Adapun beberapa dampak negatif yang dapat timbul karena bermain game online, di antaranya :

1. Membuat kecanduan berlebihan dan Lupa segala hal

Game online membuat kecanduan karena dalam game dituntut untuk melakukan banyak hal agar tidak tertinggal dengan orang lain. Dengan semua tuntutan tersebut, bermain di depan game online biasanya lebih menyita waktu para gamers. Tanpa terasa, mereka akan bermain game online selama berjam-jam bahkan berhari-hari, sulit beranjak dari monitor hingga lupa makan, minum, tidur, apalagi olahraga. Saat masa sekolah dulu, sering banget aku temui teman-teman cowo sekelasku sekolah di pagi hari dengan muka kusut karena begadang di warnet untuk bermain game online, tanpa tidur, makan, apalagi mandi. Yang lebih ekstrem lagi, ada kasus-kasus dimana gamer ditemukan tewas alias meninggal dunia karena bermain game online non-stop (makan dan tidak tidur) selama beberapa hari looh.

 2. Menurunkan kebugaran tubuh

Dengan duduk diam di depan monitor selama berjam-jam bahkan sepanjang hari (atau berhari-hari) ketika bermain game online, otomatis gamer tidak menggerakan tubuhnya sehingga kekurangan aktivitas apalagi olahraga. Kurang aktivitas akan membuat metabolisme tubuh menjadi kurang lancar dan menurunkan kebugaran tubuh.

3. Membuat malas

Game online membuat para gamers hanya fokus terhadap game yang dimainkan dan menjadi malas melakukan hal lain yang jelas kurang menarik dibanding game online seperti bekerja, belajar, mengerjakan tugas, bersih-bersih rumah, dll.

4. Sulit berkonsentrasi dalam pelajaran/pekerjaan

Terlalu fokus dan ketergantungan terhadap game online juga dapat menyebabkan pikiran gamer menjadi selalu memikirkan tentang game, ingin bermain game, dan ingin segera kembali berhadapan dengan monitor untuk bermain game bersama teman-teman game-nya. Hal ini tentu tidak baik, terutama untuk anak-anak dan remaja karena akan berdampak buruk bagi masa depan mereka.

5. Merusak mata dan juga saraf

Berhadapan dengan monitor dan menatapnya terus-menerus ketika bermain game online, tentunya berarti terpapar dengan radiasi monitor secara terus-menerus. Hal ini jelas tidak baik untuk saraf dan mata gamer. Orang yang terpapar radiasi monitor secara berlebihan dan terus-menerus bisa menyebabkan performa lensa mata melemah dan berpotensi mengalami miopi, hipermetropi, atau bahkan silinder. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak gamers yang memakai kaca mata.

6. Berkurangnya sosialisasi

Gamer yang terlalu asyik dengan game online akan merasa tidak membutuhkan orang lain di sekitarnya dan cukup nyaman dengan hanya ada dirinya dan game online. Karena hal tersebut, muncullah kecenderungan mengasingkan diri dari lingkungan sosial dan sulit bersosialisasi dengan masyarakat.

7. Sulit berekspresi dan berinteraksi

Terbiasa dengan interaksi satu arah dalam game online dapat menyebabkan kesulitan untuk mengekspresikan diri dalam komunikasi dua arah di dunia nyata. Dan khusus pada anak-anak, otak anak yang terkenal sangat lincah, aktif, dan penuh ekplorasi sedikit demi sedikit akan tumpul bila kehidupannya hanya dalam satu ruangan saja. Hal ini mengingatkan kita bahwa interaksi sosial juga berpengaruh dalam meningkatkan kepintaran anak.

8. Berpotensi menimbulkan stress jika mengalami kekalahan terus-menerus

Mungkin dalam taraf tertentu, game online dapat mengurangi stress. Namun, jika penggunaan game online sudah berlebihan dan menyebabkan ketergantungan, maka emosi kita akan bergantung pada game online tersebut. Hal ini tidak baik karena ketika mengalami kekalahan terus-menerus, gamer akan berpotensi tinggi kehilangan kontrol emosi (kesal, marah-marah), tertekan, bahkan hingga stress.

Kesimpulan

Intinya, game online membawa banyak dampak bagi kehidupan kita terutama pada para gamers, baik dampak positif maupun dampak negatif. Bermain game online akan membawa lebih banyak dampak negatif dalam tahap berlebihan hingga menyebabkan ketergantungan dan melupakan hal lain, maka bermain game online akan membawa lebih banyak dampak negatif daripada positifnya.

Jadi mulai sekarang, lebih dikontrol dan bijak lagi ya untuk bermain game online-nya

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on google
Google+