Jokowi: PPDB Zonasi Perlu Dievaluasi

 

Surabaya: Presiden Joko Widodo angkat bicara terkait kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi. Banyak masalah di lapangan dalam pelaksanaan sistem zonasi yang tengah berlangsung.

“PPDB sistem zonasi memang ditemukan banyak masalah di lapangan,” kata Jokowi, usai menghadiri acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat di GOR Petrokimia Gresik, Jawa Timur, Kamis, 20 Juni 2019.

Jokowi tak banyak komentar perihal PPDB sistem zonasi. Namun, dia mengakui PPDB sistem zonasi banyak dikeluhkan wali murid. Presiden ke-7 Indonesia ini menilai sistem zonasi masih perlu dievaluasi.

“Memang masih ditemui banyak masalah di lapangan, dan perlu dievaluasi,” kata mantan Wali Kota Solo itu.

Wali murid daerah Jatim banyak memprotes PPDB sistem zonasi yang tengah berlangsung. Mereka menggelar aksi ke masing-masing pemerintah daerah, seperti di Kota Surabaya, Mojokerto, Jombang dan Gresik.

Unjuk rasa itu sempat membuat laman PPDB untuk SMA se-Jatim dihentikan sementara untuk kemudian dibuka kembali dengan berbagai pertimbangan. Namun, laman PPDB sistem zonasi itu kembali dibuka mulai, Kamis, 20 Juni 2019, pagi.

Sumber: Medcom.id

 

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on google
Google+